Photobucket

Menggunakan Bahan Kimia yang Aman

  1. Membaca label pembungkus dan mengikuti petunjuknya.
  2. Pastikan bahwa pembungkus itu tidak bocor atau rusak.
  3. Pastikan bahwa label pada pembungkus benar.
  4. Pastikan bahwa botol yang dipakai adalah benar
  5. Petugas harus memakai alat pelindung seperti masker, sarung tangan,kaca mata debu bila perlu.
  6. Jangan mencampur bahan kimia.
  7. Amoniak tidak boleh dicampur dengan chlorine 
  8. Multi purpose cleaner umumnya kental dan dapat dicampur dengan air sesuai kebutuhan pembersihan yang berbeda-beda.
  9. Abrasives dapat digunakan dengan aman pada stainless steel, ubin keramik, dan beberapa peralatan berbahan kaca dari Cina.
  10. Jangan gunakan pelapis bahan kimia pada permukaan keramik
Hati-hati dengan Bahan Kimia
Menggunakan Pakaian Pelindung
Menggunakan alat pelindung ini diwajibkan bagi semua staf, di mana tujuan utama adalah untuk melindungi diri. Perlengkapan pelindung meliputi:

a.Soe/Sepatu dengan ujung tertutup
Petugas harus memakai alat ini untuk menghindari kecelakaan seperti lantai yang basah, jalan yang licin, cairan panas yang tertumpah, kejatuhan benda-benda yang keras, dan sebagainya.

b.Helmet/Helm pelindung kepala
Digunakan untuk melindungi kepala agar tidak kejatuhan benda dari atas, helm digunakan ketika petugas membersihkan balkon, langit-langit, dan dinding.

c.Coat/Jas pelindung
Diharapkan dapat melindungi kulit dari tumpahan dan untuk para pekerja yang sedang bekerja pada situasi udara dingin seperti pada ruangan yang dingin.

d. Masker
Dipakai untuk melindungi diri dari uap yang berasal dari bahan kimia, debu dan asap.

e.Gogless/kacamata debu
Untuk melindungi mata dari asap debu dan bahan kimia, ketika membersihkan daerah yang sulit dijangkau seperti langit-langit, lubang-lubang angin, kacamata ini juga untuk mencegah jatuhnya debu atau p artikel-partikel pada mata.

f.Hand Glove/sarung tangan karet
Dapat dipakai pada saat menuangkan bahan kimia dengan maksud untuk membersihkan atau ketika mencampur bahan kimia untuk membersihkan kolam renang atau penanganan material yang tidak mudah bersih.

*dari berbagai sumber

1 komentar:

lukman nulhakiem said...

Selain tips di atas, hal terpenting yang harus dilakukan adalah memahami Safety Data Sheet (SDS) bahan kimia yang dimaksud.
Semua informasi penting terkait bahan kimia yang akan kita pakai ada di sana, termasuk karakteristik bahaya bahan kimia tersebut.

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P

tulis komentar anda