Photobucket

Organisasi Food Beverage Department

Di bawah ini  contoh struktur organisasi food and beverage.
 
Jika dilihat dari struktur organisasi diatas bahwa bagian ini, dipimpin oleh Food & Beverage Director Yang Bantu Oleh Chef De Cuisine Dan Assistant Food & Beverage Manager dan jajarannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh hotel. Berikut ini adalah uraian tugas dan tanggungjawab setiap posisi dibagian makanan dan minuman.

1. Food & Beverage Director
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
  2. Melakukan analisa tentang pesaing
  3. Menyusun anggaran FB Production kitchen, F&B service dan Stewarding
  4. Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional
  5. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung
  6. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  7. Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
  8. Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan
2. Assistant Food & Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
  2. Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya
  3. Mengawasi jadual operasional bawahannya
  4. Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen, F&B service dan stewarding
  5. Memonitor pelaksanaan store room requisition
  6. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  7. Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department
  8. Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function 
  9. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  10. Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu
  11. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  12. Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan .
 3. Restaurant & Bar Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service
  2. Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
  3. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  4. Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
  5. Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales
  6. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  7. Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  8. Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
  9. Memonitor dan mengawasi personal hygiene, grooming and sanitasi
  10. Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP
  11. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
  12. Menyelenggarakan briefing harian.
4. Head Waiter
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
  1. Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock
  2. Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place”
  3. Meneliti ketepatan daily sales report
  4. Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran
  5. Menangani keluhan tamu
  6. Mengatur pembagian “station”
  7. Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  8. Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
  9. Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person)
  10. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
  11. Membantu kelancaran pelaksanan inventaris pisik
  12. Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
  13. Menjalin hubungan baik dengan tamu
  14. Membuat jadual kerja bawahan
  15. Mengawasi disiplin bawahan
  16. Menangani permasalahan tamu
  17. Melakukan penilaian kerja bawahan
  18. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat .
5. Assistant (Head Waiter Captain)
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
  2. Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  3. Membuat daily sales report
  4. Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock
  5. Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman
  6. Membuat repair dan maintanance order
  7. Menangani langsung pelayanan tamu VIP
  8. Mengatasi keluhan tamu
  9. Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
  10. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  11. Menjalin hubungan baik dengan tamu
  12. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
6. Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
  2. Melaksanakan persiapan set up-mise en place
  3. Melakukan pelayanan langsung kepada tamu
  4. Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen
  5. Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
  6. Melaksanakan clear up dari meja tamu
  7. Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies
  8. Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
  9. Melakukan penyiapan table set up dan clear up
  10. Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
  11. Melakukan pembersihan area kerja
  12. Menjalin hubungan dengan tamu
  13. Menghadiri briefing harian
7. Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
  2. Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  3. Membuat daily sales report
  4. Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
  5. Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
  6. Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
  7. Mengatasi keluhan tamu
  8. Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
  9. Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  10. Menangani langsung pelayanan tamu VIP
  11. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  12. Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
  13. Membuat repair dan maintanace order
  14. Mengawasi disiplin bawahan
  15. Menangani permasalahan tamu
  16. Melakukan penilaian kerja bawahan
  17. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
8. Room Service Order Taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
  1. Menangani penerimaan, pencatatan room service order dan menyampaikan kepada room service captain
  2. Menyarankan dan membantu tamu dalam pemilihan menu
  3. Memelihara suasana kerja yang sehat
  4. Menghadiri briefing head waiter


Kesehatan Kerja 

Manajemen Hotel harus menjaga kesehatan semua karyawan dan tamunya, dengan tercapainya system operasional Hotel yang menjunjung tinggi kesehatan kerja maka biaya yang tidak perlu bias ditekan dan tidak
dikeluarkan. 
Para tamu Hotel akan sangat senang untuk tinggal di Hotel yang mempunyai tingkat kesehatan lingkungan yang tinggi, Hotel tersebut akan menjadi pilihan utama untuk kunjungan selanjutnya.
Pemeriksaan Kesehatan:. 
Untuk itu semua karyawan Hotel bagian makanan dan minuman harus secara teratur mengikuti pengecekan kesehatan setiap 6 bulan sekali. Biasanya untuk pemeriksaan kesehatan yang lazim dilakukan bagi karyawan bagian makanan dan minuman adalah Rectal Swab Test.

Kebersihan dan Keselamatan Kerja
 
Kebersihan dan keselamatan kerja harus selalu diperhatikan oleh setiap karyawan dibagian food & beverage, kebersihan dan keselamatan kerja yang dilakukan di bagian pelayanan makanan dan minuman yaitu:
 
  • Memperlakukan barang pecah belah. Memeriksa kekurangan barang pecah belah, piring gelas dan alat makan dan minum dari perak sebelum dan sesudah digunakan, buang segera gelas atau piring cangkir keramik yang pecah. Pisahkan barang-barang dari perak dan kaca setelah digunakan, jika sebuah gelas pecah, pindahkan gelas dengan hati-hati dan pastikan tidak ada pecahannya yang tercecer
  • Melaksanakan pelayanan. Pada saat memberikan pelayanan setiap prosedur harus dilaksanakan dengan benar, hal yang dilakukan seperti pindahkan cangkir-cangkir dari meja ketika mengisi cangkir dengan air panas, jangan mengisi nampan berlebihan dan tidak diperbolehkan membawa nampan melewati atas kepala tamu yang sedang duduk dimeja dan selalu memberitahu mereka tentang kehadiran anda, pada saat membuka anggur jauhkan dari tamu agar tidak terkena gabus penutup botol.
  • Gelas dan piring Pisahkan gelas dan piring yang pecah ketika memilih, gunakan trolley untuk memindahkannya. Ketika menggunakan rak, periksa bahwa bagian tepi yang dapat diatur. Pastikan dalam keadaan aman sebelum menempatkan makanan dalam nampanMenjaga penampilan pribadi. Gunakan pakaian seragam secara lengkap, baik dan benar, seperti menggunakan sepatu bertumit rendah, perhiasan yang disesuaikan dengan kebijakan hotel, baju yang sesuai dengan ukuran, serta rambut pendek atau panjang tetapi menggunakan hairnet, kesemua hal tersebut perlu dilakukan agar anda dapat bekerja dengan nyaman,
  •  Mengurangi resiko. Melaporkan kepada atasan apabila menemukan karpet yang longgar, penempatan tanda keselamatan yang tidak sesuai, pemisahan sambungan kabel listrik dan semua yang akan menyebabkan resiko tersandung dan jatuh.
( kiri) Karpet yang
Longgar, ( kanan)  Tanda Keselamatan yang Tidak Benar



*dari berbagai sumber

7 komentar:

Anonymous said...

deskripsi tugas chef d cuisine, sous chef, asst chet d party (bakery & cook), dan banquet managernya mana?????

putri rahayu (haebin kim) said...

terima kasih infonya ..^^
sangat berguna...^^

Unknown said...

Sama-sama sista..... :)

ADMIN

Unknown said...

Ntar saya coba cari, brotha .... :)

ADMIN

Anonymous said...

info nya da ckup lengkap,,
tp tolong buat donk.
job des f&b controller apa..????
ada tgas nieee..
hiiii.
thankss...

Unknown said...

Trims,
ntar saya coba cari :)

Unknown said...

Trimakasih eah.. sangat bermanfaat loh..

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P

tulis komentar anda