Photobucket

Penanganan Perubahan, Pembatalan dan Pemesanan Kamar yang tidak datang tanpa Pemberitahuan.

1. Perubahan pemesanan kamar (amendment of reservation)
Adalah perubahan yang terjadi atas suatu pemesanan kamar sebelum kedatangan tamu di hotel, perubahan ini dilakukan dengan alasan tertentu, perubahan pemesanan ini dapat berupa:

  • Perubahan tanggal kedatangan & keberangkatan
  • Perubahan jenis kamar
  • Penambahan atau pengurangan jumlah tamu & jumlah kamar
  • Perubahan harga

Jika terjadi perubahan pemesanan kamar, maka langkah-langkah
yang harus dilakukan oleh petugas reservasi adalah sebagai berikut:

a. Mengambil data pemesanan yang telah dilakukan
b. Mengisi perubahan pada formulir change of reservation/amendment of reservation
c. Membuat perubahan pada tabel pemesanan kamar
d. Membuat perubahan pada slip pemesanan kamar
e. Menyimpan pada arsip sesuai dengan perubahan pada tanggal tiba yang baru

2. Pembatalan pemesanan kamar (cancelation of reservation)
Adalah terjadinya pembatalan terhadap pemesanan kamar yang telah dilakukan sebelum waktu kedatangannya di hotel, kemudian hotel akan memberikan kode/nomer pembatalan reservasi kepada tamu sebagai bukti bahwa telah terjadi pembatalan. Di beberapa hotel yang tingkat hunian kamarnya tinggi akan menetapkaan peraturan jika pembatalan kamar terjadi setelah jam 18.00 maka advance payment for reservation akan dipotong 50%. Jika terjadi pembatalan pemesanan kamar, maka petugas reservasi akan melakukan hal sebagai berikut:

a. Mengambil data pemesanan kamar yang telah dilakukan
b. Menanyakan alasan pembatalan kamar serta mengisi formulir pembatalan dengan lengkap
c. Mencoret slip pemesanan kamar
d. Hapus data pada tabel pemesanan kamar
e. Simpan kembali pada arsip

3. Penanganan pemesanan kamar tetapi tidak jadi datang (no show)
No show adalah tamu yang telah memiliki pemesanan kamar namun tidak datang tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pihak hotel, prosedur yang harus dilakukan jika terjadi no show adalah:
-Rack slip harus disimpan untuk menjaga kemungkinan akan datang/pada hari berikutnya.
-Berdasarkan rack slip atau buku harian, data dihapus/dikeluarkan dari tabel pemesanan kamar
-Apabila sudah ada jamianan pembayaran, maka deposit tersebut akan diambil untuk menutupi penjualan
-Jika mereka datang esok harinya, bila ada kamar bisa diberikan tapi kalau kamar penuh usahakan mendapatkan kamar lain.
-Jika memungkinkan diberikan kamarnya maka slipnya akan ditambah atau perbaikan pada buku harian dan dikembalikan kedalam tabel sesuai dengan lamanya tinggal serta data dalam korespondensi dirubah pula sesuai dengan tanggal kedatangan
-Bila pemesanan kamar dilakukan oleh salah satu sumber maka sumber yang bersangkutan segera diberitahukan bahwa kliennya no show.
-Apabila sudah ada jamianan pembayaran, maka deposit tersebut akan diambil untuk menutupi penjualan
-Jika mereka datang esok harinya, bila ada kamar bisa diberikan tapi kalau kamar penuh usahakan mendapatkan kamar lain.
-Jika memungkinkan diberikan kamarnya maka slipnya akan ditambah atau perbaikan pada buku harian dan dikembalikan kedalam tabel sesuai dengan lamanya tinggal serta data dalam korespondensi dirubah pula sesuai dengan tanggal kedatangan
-Bila pemesanan kamar dilakukan oleh salah satu sumber maka sumber yang bersangkutan segera diberitahukan bahwa kliennya no show.


*dari berbagai sumber

13 komentar:

Anonymous said...

I’m impressed, I have to tell you. Not often do I run across a blog that’s just as educative
and fascinating on web 2.0 site, and indeed, you have hit the nail
on the head. Very few folks these days make an effort
to put some thought into this issue.
Now I’m delighted I found this during the course of my search for things relating to this.


Check out my blog: gronquist

Anonymous said...

contoh percakapannya mana bego, gw butuh contohnya lo bego bagt shi gg ngasi contohnya...
GOBLOK

Anonymous said...

Yang bego sapa coba, yang ga tau percakapan waktu cancelation apa amandement sapa coba, bego kok bilang bego.

Anonymous said...

Cok

Anonymous said...

Biasanya kebijakan hotel kan jika di batalkan biaya di kenakan, kalo kita No show gimana? Terus kita membayarnya dengan cara tunai

Unknown said...

Bro mau tanya donk
Gw kan tahun 2016 melakukan pembatalan hotel di view sunset carita ,reservasi via booking.com,nah skrg gw mw pesen lagi di tempat yg sama view sunset carita via booking.com juga tp pd tahun 2017,sedangkan di keterangan jika membatalkan akan di teteap di kenakan biaya..kira nnti pas w dteng ksna akan di kenakan denda gak ya

Unknown said...

Bro mau tanya donk
Gw kan tahun 2016 melakukan pembatalan hotel di view sunset carita ,reservasi via booking.com,nah skrg gw mw pesen lagi di tempat yg sama view sunset carita via booking.com juga tp pd tahun 2017,sedangkan di keterangan jika membatalkan akan di teteap di kenakan biaya..kira nnti pas w dteng ksna akan di kenakan denda gak ya

Unknown said...

goblok kalian semua!

Unknown said...

GOBLOK LO SEMUA



Unknown said...

iya dikenakan biaya karna sudah terdaftar di blacklist

Unknown said...

Apakah kita perlu mengubungi tamu tersebut ??

Unknown said...

Maaf mau tanya. Permasalahan dan solusi yg biasanya terjadi pada pembaharuan reservasi apa aja ya. Thanks sebelumnya.

Anonymous said...

bacot anjing

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P

tulis komentar anda