Sumber - sumber Reservasi

 Yang dimaksud dengan sumber-sumber pemesanan kamar adalah asal usul datangnya pemesanan kamar yang dibuat oleh berbagai pihak.
Adapun sumber-sumber pemesanan kamar tersebut adalah: 
  1. Perusahaan: perusahaan yang dapat dijadikan sebagai sumber pemesanan kamar adalah perusahaan swasta, perusahaan asing, perusahaan gabungan,
  2. Biro/agen perjalanan: agen perjalanan dapat dijadikan sebagai sumber pemesanan kamar, karena tamu-tamu yang dibawa oleh travel agent tersebut memerlukan tempat akomodasi.Sumber pemesanan kamar dari travel agent dapat digolongkan menjadi dua yaitu:    *FIT (Free Independent Traveler/ Free Individual Traveler).         *GIT (Group Inclusive Tour) atau orang-orang yang mengadakan perjalanan dalam suatu kelompok, biasanya di dalam GIT sudah termasuk paket perjalanan, minimal jumlah kamar dalam group sebanyak 8 kamar. 
  3. Airlines companies: sumber pemesanan kamar yang diperoleh dari perusahaan penerbangan, antara lain:awak kabin, kantor- kantor perwakilan yang tersebar di dalam maupun diluar negeri.
  4. Kantor pemerintahan: pejabat pemerintahan serta tamu yang berasal dari perusahaan Negara/BUMN.
  5. Hotel representative: pemesanan kamar yang berasal dari kantor perwakilan hotel seperti perwakilan yang berada di bandara udara.
  6. Tamu hotel: tamu hotel dapat disebut juga sumber pemesanan kamar, karena tamu dapat memesankan kamar bagi orang lain atau untuk diri sendiri untuk rencana kunjungan yang berikutnya.
  7. Car rental company: sumber pemesanan kamar yang diperoleh dari perusahaan penyewaan mobil.
  8. Central reservation system: sistem pemesanan kamar melalui jaringan komputer, yang mana jaringan itu sudah diakses ke komputer sehingga dapat melakukan pemesanan secara langsung. Ada beberapa jenis central reservation system, yaitu :                                                                                                  * An affiliate reservation yaitu sebuah jaringan pemesanan kamar untuk hotel yang memiliki mata rantai bisnis.                                                                                                                                                * A hotel chain’s reservation system, contoh; Holidex (Holiday Inn Group); Maxial (Hyatt Group).      * Non-chain properties contoh; LHW (Leading Hotel of the World); SRS (Steigenberger Reservation Service).                                                                                                                                            * Non affiliate reservation network yaitu jaringan pemesanan kamar yang tidak terikat mata rantai hotel. 
  9. ndividual reservation: perorangan yang melakukan pemesanan kamar
  10. Inter sells agencies: perusahaan yang memberikan jasa pelayanan dalam segala sesuatu yang sifatnya pemesanan seperti tiket pesawat, sewa mobil dan lain sebagainya. 
*dari berbagai sumber

2 komentar:

Anonymous said...

After looked at this I found it to be very informative.
. It's awesome that you used your time to do all this. I have to admit, I probably spent about two hours on your website. Absolutely worth the time, however.

My weblog; mydepression.org

Ni Made Karlindasari said...

bisa dijelaskan lebih rinci mengenai fungsi daripada central reservasi system???

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P

tulis komentar anda