Photobucket

Florist dan Parcel Shop ,Drug Store & Dokter On Call

1.Florist dan Parcel Shop
Pada umumnya hotel-hotel berbintang saat ini menyediakan pelayanan florist dan parcel (toko bunga dan kado); Florist adalah toko bunga yang disediakan oleh hotel, karena sesuai dengan
perkembangan dan perubahan gaya hidup masyarakat yang dulunya hanya datang memenuhi undangan biasa saja, sekarang sudah berubah dengan membawa bunga yang dalam hal ini bunga bisa dikirim terpisah dan lebih dahulu sebelum tamu datang memenuhi undangan atau bisa juga dibawa langsung oleh tamunya.
Untuk hotel berbintang 4 dan 5 di kota-kota besar biasanya menyediakan jasa pelayanan florist dan parcel sendiri namun untuk hotel-hotel bintang 3 dan 4 yang belum siap untuk hal itu biasanya mengadakan kerja sama dengan pihak ketiga yang sudah ahli dibidangnya. Untuk toko bunga menyediakan beraneka ragam rangkaian sesuai kebutuhan pelanggannya bisa untuk ungkapan suka cita maupun duka cita.

Persyaratan dasar untuk menjadi florist attendant dan parcel attendant:
a. Jenis kelamin/gender : Pria dan Wanita
b. Usia : minimal 18 tahun
c. Tinggi badan : minimal 160 CM untuk wanita minimal 165 CM untuk pria
d. Keahlian/ketrampilan :
  • Merangkai bunga, membungkus kado
  • Bahasa Inggris
  • Berjiwa seni
  • Komunikasi formal dan verbal
e. Kepribadian :
  • Kepercayaan diri yang kuat
  • Menarik
f. Lain-lain : Sesuai dengan kebutuhan masing-masing hotel.

Jam operasional florist & parcel shop:
Senin – Sabtu : 09.00 WIB s/d 23.00 WIB
Minggu dan hari libur : 12.00 WIB s/d 19.00 WIB

Dalam kunjungan ke suatu acara yang sifatnya lebih pribadi atau kekeluargaan, saat ini banyak para anggota masyarakat yang selalu membawa parcel yang diciptakan dan diproduksi oleh suatu hotel, karena dengan demikian hasil produknya unik dan citranya tinggi. Ada juga anggota masyarakat yang membeli parcel yang dibuat dan diproduksi oleh cabang dari perusahaan pengelola parcel yang merupakan bagian dari jaringan Internasional sehingga tidak kalah citranya dari parcel yang diproduksi oleh hotel.
Contoh Hasil Kreasi Parcel
Contoh Hasil Kreasi Florist

2.Drug Store
Hampir semua hotel berbintang di Indonesia memiliki fasilitas drug store, dan biasanya drug store ada yang dikelola sendiri oleh manajemen hotel tetapi barang atau produk-produk yang dijual merupakan conignment (konsinyasi). Barang-barang Konsinyasi adalah barang milik pihak ketiga yang dititipkan ke hotel untuk dijual dan pihak hotel akan mengatur perletakan barang-barang tersebut dan menjualnya dengan baik di drug store dengan menentukan harga jual yang telah disepakati dengan pemilik barang sehingga hotel akan
mendapatkan keuntungan.
Nilai keuntungan yang didapat oleh hotel adalah selisih perhitungan dari nilai harga barang yang dijual dikurangi nilai harga barang yang telah disepakati dengan pemilik barang.
Selanjutnya pihak hotel akan melakukan pembayaran secara rutin kepada pemilik barang biasanya setiap bulan sekali, dan untuk barang-barang yang tidak terjual di drug store, pihak hotel biasanya akan meminta kepada pemilik barang untuk menggantinya dengan jenis dan model serta harga barang lainnya yang diharapkan lebih bisa dimintai oleh para tamu hotel biasanya barang-barangnya harus trendi di masyarakat sesuai dengan berkembangannya mode dan fashion di masyarakat.

Drug store lazimnya menyediakan:
a. Barang-barang keperluan photography
b. Barang-barang keperluan kesehatan
c. Peta-peta keperluan informasi tujuan wisata dan wilayah
d. Buku-buku wisata dan sejarah dan sosial budaya
e. Koran dan tabloid dan majalah lokal dan internasional
f. Postcards dan cendera mata lainnya
g. Pulsa-pulsa hand phone pra bayar
h. Ballpoint dan notebook
i. Rokok dan cerutu dan korek api
j. Barang-barang keperluan sehari-hari lainnya.
Contoh Drug Store dan Produk-Produknya

3.Dokter On Call (Dokter Siap Datang)
Suatu hotel sangat perlu juga untuk menyediakan doctor on call (dokter siap datang) mengingat setiap tamu memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dan tingkat kesehatan yang berbeda sehingga jika terjadi sesuatu dan khususnya pada malam hari maka petugas hotel harus siap memberikan pertolongan yang paling cepat dan tepat bagi setiap tamu yang menginap di hotel maupun tamu yang tidak menginap tetapi sedang berada di hotel untuk menghadiri acara tertentu.
Pada prinsipnya suatu hotel harus sangat konsentrasi atas keselamatan para tamunya untuk itu ada beberapa hal yang harus kita bahas dalam MOD ini yaitu :

1. hotel memiliki in house clinic:
Dalam hal ini hotel siap dengan paramedic selama 24 jam sehari sepanjang tahun gunanya untuk benar-benar mengantisipasi atas segala hal yang menyangkut pelaksanaan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu atas tamu maupun karyawan yang sedang bekerja. Untuk itu in house clinic biasanya juga tersedia jam-jam praktek dokter setiap harinya selama kurang lebih 2 sd 3 jam yang dibagi dokter praktek pagi dan sore, dalam hal ini melayani tidak saja para tamu dan karyawan tetapi juga keluarga karyawan yang memerlukan pengobatan tingkat pertama.
2. Doctor on call (dokter siap datang):
Diluar jam praktek dokter yang kurang lebih 2 s/d 3 jam tersebut hotel menjalin hubungan dengan rumah sakit, klinik atau dokter secara perseorangan untuk menyiapkan doctor on call, sehingga setiap saat ada keperluan mendesak dan darurat (emergency) doctor on call segera datang ke hotel. Namun jika terjadi keadaan darurat pada tamu maupun karyawan, secara otomatis paramedik yang bertugas di in house clinic dibantu bagian security atau duty manager segera mungkin membawa tamu atau karyawan yang dalam keadaan darurat (emergency) tersebut ke rumah sakit yang letaknya terdekat dengan hotel tanpa ditunda lagi sehingga pertolongan secepatnya bisa diberikan demi pelaksanaan pertolongan dan pengobatan demi keselamatan jiwa si tamu ataupun karyawan.
Adapun kriteria keadaan darurat jika karyawan dalam keadaan sebagai berikut:
  • Diare yang serius, muntah-muntah, demam dan panas tinggi
  • Kejang-kejang
  • Pendarahan
  • Asma akut
  • Serangan jantung
  • Koma
  • Glaucoma akut
  • Sakit perut karena radang usus (appendix)
CATATAN :
Pada saat tamu atau karyawan sedang dalam keadaan emergency (darurat), petugas hotel harus segera menghubungi keluarganya sehingga pihak keluarga bisa mendapatkan informasi paling cepat dan bisa segera berkomunikasi dengan pihak hotel jika ada hal-hal yang diperlukan dengan mendesak. Petugas hotel dan dalam hal ini biasanya duty manager untuk shift pagi dan siang dan night manager untuk shift malam selalu mengadakan kontak dengan paramedic dan dokter praktek yang bertugas di in house clinic pada hari itu dan doctor on call yang dijadualkan untuk hari itu sehingga pihak hotel mendapatkan informasi yang cepat dan akurat tentang keadaan dan posisi doctor on call pada hari itu.
Dokter On Call
*dari berbagai sumber

1 komentar:

Anonymous said...

Definitely enjoy what you've got here, glad you're getting it around and what you have to say.
You are presenting it in a way that is enjoyable and you still be certain to
keep it intelligent. I cannot wait to uncover even more from you.
This is actually a great blog.

Also visit my homepage :: no Deposit bonus codes 2013

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P

tulis komentar anda