Bukan hanya bebricara langsung (tatap muka) yang mempunyai kode etik & tata cara , telepon juga ada tata caranya tersendiri..tidak bisa sembarangan , kecuali mungkin dengan teman akrab kita. Tetapi selain itu..?? misalnya orang tua , atasan kita bekerja dsb?? Nah, bila ingin tau lengkap-nya ; simak tata caranya sebagai berikut :
1. Gunakan suara yang alami, tidak dibuat-buat dan tidak dilebih-lebihkan
2. Sertakan suara anda dengan senyuman dan rasa ingin menolong
3. Gunakan kata / kalimat yang dapat menarik perhatian selama tiga kali dalam percakapan
Usai berbicara …
- Ucapkanlah terima kasih kepada penelpon
- Biarkanlah penelpon yang menutup teleponnya
- Persiapan dalam mengangkat telepon
- Ketahui masalah apa yang sedang dibicarakan
- Tulislah pertanyaan atau poin-poin penting pada sebuah catatan atau selembar kertas
- Terimalah penelpon dengan ramah dengan mengucapkan salam
- Perkenalkan nama anda dan nama perusahaan anda
- Jangan menguasai pembicaraan, membatasi penelpon
- Tanyakan bila penelpon mempunyai janji
- Jelaskan pesan-pesan anda secara ramah dan jelas
0 komentar:
tulis komentar anda